Selasa, 15 Februari 2022

Persiapan Memulai Usaha Bakso Gerobak

 


Kamu Sedang Ingin Memulai Usaha Tapi Bingung Akan Menjual Apa? Baca Artikel Ini Hingga Selesai, Sebagai Acuan Untuk Menemukan Jenis Usaha Yang Menarik Saat Ini.

Bisnis kuliner adalah salah satu usaha yang tidak pernah ada matinya dan selalu menghasilkan terobosan-terobosan baru yang semakin menarik dan meningkatkan persaingan di antara pengusaha.

Ada banyak sekali jenis usaha kuliner yang populer di Indonesia, misalnya jualan bakso. Bakso adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, karena diminati oleh semua kalangan dan semua usia. Makanya usaha ini sangat menjamur di Indonesia mulai dari warung bakso kecil, sampai penjual bakso gerobak yang keliling dari satu desa ke desa lainnya.

Saking tingginya peminat makanan ini, saat ini sudah banyak bermunculan kreasi-kreasi bakso yang kekinian dan menarik, seperti bakso beranak, bakso mercon, bakso lava, dan lain sebagainya.

Dengan jumlah peminat yang tinggi, jualan bakso menjadi salah satu usaha yang banyak dilirik para pengusaha pemula. Menariknya untuk memulai usaha ini tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak.

Untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai rincian modal yang diperlukan untuk memulai modal usaha bakso gerobak.

Pengertian Bakso

Jika dilihat dari laman wikipedia, bakso adalah bola daging yang bisanya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau capcai.

Bakso Gerobak

Menjual bakso menjadi salah satu usaha dengan modal tidak terlalu besar, namun cukup menguntungkan, sehingga ada banyak sekali pelaku usaha yang terjun dalam bisnis ini. Jika calon pengusaha mempunyai keterbatasan modal, maka usaha bakso gerobak ini bisa jadi pilihan yang menarik. Selain itu, dengan gerobak tempat mangkal berjualan juga bisa berpindah-pindah dengan lebih mudah.

Adapun modal untuk memulai usaha bakso gerobak yaitu:

1. Gerobak bakso

Untuk memulai usaha bakso gerobak tentu saja gerobak adalah hal yang harus dipersiapkan lebih dulu. Jika ingin lebih hemat, gerobak ini bisa dibuat sendiri di ruamah, namun akan sedikit ribet. Jadi kalau ingin lebih praktis, gerobak bisa di beli jadi dari para tukang. Biasanya untuk membeli gerobak membutuhkan dana hingga Rp 2 juta rupiah.

Setelah gerobaknya jadi, agar lebih menarik tempeli stiker dan nama gerobak agar menarik minat pembeli dan agar gerobak kamu gampang di kenali.

2. Peralatan Masak

Setelah gerobak selesai dibuat, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan yaitu peralatan berjualan seperti dandang untuk tempat kaldu, kompor dan tabung gas, alat masak lengkap.

3. Bahan Baku

Setelah selesai mempersiapkan peralatan masak yang akan dibawa saat berkeliling, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan dagangan seperti bakso, mie, kaldu, bumbu. Jangan lupa untuk mempersiapkan saos, kecap, daun bawang, daun seledri yang bisa ditambahkan pembeli ke dalam bakso.  

4. Peralatan makan

Peralatan makan juga harus dibawa lengkap saat akan berjualan bakso keliling seperti mangkok, sendok, gelas, teko berisi air minum. Selain itu penjual juga harus menyediakan kursi dan meja untuk pembeli saat akan makan di tempat. Agar tidak ribet dengan membawa kursi dan meja yang terbuat dari kayu, maka sebaiknya pilih kursi dan meja plastik yang ringan saja untuk dibawa.

Meriset Tempat

Lokasi berjualan akan sangat mempengaruhi pendapatan dari pengusaha. Oleh karena itu saat akan memulai bisnis bakso gerobak ini, pastikan untuk mangkal di tempat yang ramai seperti pasar, sekolahan, atau di pinggir jalan yang biasanya banyak di lalui kendaraan.

Harga Bersaing

Harga juga menjadi faktor penentu lainnya yang harus diperhatikan ketika akan memulai usaha. Terlebih jika sudah memilih akan berdagang di depan sekolahan, pembeli dagangan tersebut pasti mayotitasnya adalah para siswa dengan uang jajan yang terbatas. Jadi pastikan jangan menjual dengan harga yang tinggi, agar siswa dapat membeli bakso yang dijajakan.

Jaga Kebersihan

Kebersihan tempat tidak boleh diabaikan saat akan berjualan. Karena pembeli cenderung memilih untuk membeli dan makan di tempat yang terlihat bersih dan nyaman. Konsumen akan lebih memiliki membeli atau makan di tempat yang bersih meskipun harga yang di banderol lebih tinggi dibandingkan dengan bakso murah namun dengan pemandangan kotor dan menjijikan.

Itu dia langkah-langkah yang harus dilakukan saat akan memulai berbisnis jualan bakso gerobak. Buat pengusaha baru semoga usahanya sukses dan semakin untung ke depannya. Salam sukes.

12 komentar:

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Apotek di Rumah

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, mungkin bisa mencoba bisnis apotek sebagai salah satu referensi ide usaha. Membuka apotek atau toko ...