Selasa, 16 Agustus 2022

6 Tips Sukses Memulai Usaha Angkringan

Memiliki modal terbatas bukan suatu alasan untuk tidak mencoba berbisnis. Kamu tidak perlu menunggu modal besar terlebih dahulu, karena di jaman sekarang terdapat banyak bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang sedikit. Salah satu usaha yang sangat menjanjikan dengan modal sedikit adalah usaha angkringan.

Nah, usaha angkringan sendiri adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner. Usaha angkringan menawarkan berbagai makanan yang dijual dengan harga miring atau murah. Makanan yang dijual pun sangat sederhana, contohnya nasi kucing.

Tertarik untuk memulai usaha ini? Berikut beberapa tips yang perlua kamu lakukan.

1. Susun Perencanaan Secara Matang

Langkah pertama adalah menyusun perencanaan secara matang. Hal ini bertujuan agar usaha yang akan dimulai berjalan dengan lancar.

Meskipun usaha angkringan yang akan kamu buat ini hanyalah usaha kecil di rumahan, tetapi kamu juga wajib menyusun perencanaan ini.  

Di dalam penyusunannya, kamu bisa melihat kebutuhan yang dimiliki masyarakat, dan dari situ kamu bisa memanfaatkannya, misalnya dengan membuka usaha kuliner angkringan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap makanan.

2. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Langkah yang kedua adalah menentukan lokasi yang strategis. Secara cermat dan jeli, kamu harus bisa menentukan tempat yang sekiranya akan membuat usaha angkringan kamu dikunjungi oleh banyak pembeli.

Dengan menentukan strategis atau tidaknya tempat tersebut menjadi langkah yang paling penting guna mengembangkan bisnis angkringan milikmu. Pastikan bahwa rumah kamu berada di lokasi yang strategis. Tentunya hal tersebut akan sangat menguntungkan.

3. Tentukan Modal Usaha Secara Rinci

Langkah yang ketiga adalah menentukan modal usaha secara rinci. Kamu dapat mencatat modal-modal untuk apa saja yang akan dikeluarkan nantinya ketika membuka usaha angkringan ini. Diusahakan setiap pengeluaran harus dicatat sebaik mungkin.

Adanya penentuan dan pencatatan modal secara rinci ini bertujuan untuk melihat bagaimana laju pengeluaran usahamu.

4. Tentukan Menu Yang Akan Dijual Dan Harganya

Langkah yang keempat adalah menentukan menu yang akan dijual dan harganya. Menu yang dijual di angkringan biasanya sangat sederhana dan serba sama, contohnya kopi, teh, wedang jahe, gorengan, dan nasi kucing.

Namun, jika kamu ingin usaha angkringanmu berbeda dengan pesaing dan menarik, kamu bisa mulai menjual menu istimewa yang khas dan berbeda dengan warung angkringan lainnya. Selain menu yang berbeda ini, kamu juga bisa memberikan penampilan atau pengemasan makanan yang khas.

Nah, dari menu yang sederhana tersebut kamu juga harus menentukan harga yang seimbang. Pastikan agar harga yang dipatok di setiap menu tidak kemahalan agar angkringanmu tidak sepi pelanggan.

5. Jaga Kebersihan

Langkah yang kelima adalah menjaga kebersihan usaha. Meskipun warung akringanmu sederhana, usahakan agar warungmu tersebut memiliki kebersihan yang terjamin.

Adanya sampah-sampah yang berserakan tentunya akan membuat pembeli merasa jijik dan warungmu tersebut terkesan jorok. Akibatnya tidak akan ada lagi pembeli yang datang.

Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga kebersihan warungmu. Kamu bisa meletakkan tong sampah disekitar usaha atau rajin membersihkannya.

Selain itu, jaga juga agar makanan di akringanmu tidak terkontaminasi debu ataupun lalat yang berterbangan.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

Langkah keenam adalah memberikan pelayan yang terbaik. Masing-masing pembeli memiliki sifat dan karakterisik yang berbeda-beda. Ada yang sabar, pemarah, ceroboh, ataupun tidak sabaran.

Nah, sebagai pengusaha, kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan bersikap ramah, maka warung kamu akan menjadi tempat favorit pembeli untuk berkunjung. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada pembeli.

Sekian beberapa tips yang perlu kamu lakukan dalam memulai usaha angkringan. Semoga artikel di atas dapat kamu jadikan pedoman sebelum memulai bisnis angkringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Apotek di Rumah

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, mungkin bisa mencoba bisnis apotek sebagai salah satu referensi ide usaha. Membuka apotek atau toko ...