Senin, 29 Agustus 2022

6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Lauk Pauk Matang

Usaha yang saat ini banyak diminati oleh pelanggan adalah jualan lauk pauk matang ala rumahan. Usaha ini layak kamu lirik karena memiliki potensi yang sangat bagus untuk menambah pendapatan.

Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui beberapa tips untuk memulai usaha lauk pauk matang ini. Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

1. Lokasi yang Strategis

Hal yang sangat perlu diperhatikan jika ingin memulai usaha lauk pauk matang adalah lokasinya. Adapun beberapa pertimbangan dalam memilik Lokasi yang strategis:

- Lokasi banyak dilalui masyarakat, kalau bisa di jalanan yang ramai dan sering di lalui orang untuk kegiatan mereka.

- Dekat dengan pemukiman padat penduduk, misalnya perumahan, apartement, kos kosan, pabrik dan lain-lain

- Tersedia lahan parkir untuk singgah sebentar

2. Menawarkan Lauk Beragam dan Selera Rumahan

Buatlah lauk pauk yang beragam jenisnya, tapi betul-betul rumahan, misalnya: Goreng Teri campur tempe, orak-arik, sayur bening, goreng lele cabe merah, sambel hati atau ampela, ayam bumbu, dan lain-lain.

Pastikan bahwa lauk pauk yang kamu tawarkan menjadi cita khas rumahan, ciri masakan rumahan diantaranya: bumbu yang tidak menyengat dan tidak banyak penyedap. Hak yang paling utama adalah menghindari menjual lauk yang telah melebihi dua hari.

3. Harga Bersahabat

Tips ketiga adalah menawarkan harga yang bersahabat. Untuk sayur bisa di pesan Rp 3.000, dengan harga sebesar itu pelanggan tentunya akan membeli beberapa jenis, setidaknya mereka akan menghabiskan uang sebesar Rp 10.000 sd Rp 20.000 sekali belanja dan sudah mendapatkan lauk yang beragam.

4. Pelayanan Ramah

Penjual lauk pauk matang tidak hanya dituntut untuk cekatan, namun juga harus pandai menarik hati pembeli.

Salah satunya adalah dengan Pelayanan yang ramah. Pelayanan dengan lembut, mau mendengarkan pertanyaan pelanggan, menyapa pelanggan serta menawarkan dan memberikan solusi dari jualan yang dia siapkan.

5. Jaga Kebersihan

Tips berikutnya adalah menjaga kebersihan. Seperti kata pepatah, kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan disini meliputi:

- Kebersihan Tempat

- Kebersihan Orang yang berjualan

- Kebersihan Produk yang dijual

- Kebersihan Alat-alat dalam menjual

6. Menjalankan Strategi Pemasaran yang Efektif

Keterakhir, menjalankan strategis pemasaran yang efektif. Kegiatan promosi menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan agar usaha dapat berjalan dengan sukses.

Melakukan promosi adalah waktu seorang pebisnis untuk mengenalkan produknya kepada calon pelanggan.

Tanpa melakukan promosi, maka usaha yang dijalankan sulit untuk dikenal oleh masyarakat dan cenderung tidak sukses. Begitu juga dengan usaha lauk pauk matang, kamu memerlukan cara yang kreatif untuk mempromosikan produk dagangan. Promosi yang tepat membuat masyarakat kenal dan mengetahui usaha kamu.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk memulai usaha lauk pauk matang. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Apotek di Rumah

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, mungkin bisa mencoba bisnis apotek sebagai salah satu referensi ide usaha. Membuka apotek atau toko ...