Tips Usaha Sarapan Pagi Agar Sukses di Masa Depan

 

Membangun usaha di pagi hari menjadi salah satu peluang usaha menjanjikan dengan modal kecil dan menguntungkan, apalagi jika kita bertempat tinggal di kota-kota besar yang seringkali masyarakatnya tidak sempat untuk menyiapkan sarapan ketika akan berangkat ke sekolah, kerja ataupun aktivitas lainnya.

Sehingga kemudian mereka memilih untuk membeli sarapan pagi di luar rumah. Alasan inilah yang menjadi modal kuat kita untuk meraup keuntungan usaha sarapan pagi dimana sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa atau ibu rumah tangga.

Sebelum memulai usaha sarapan pagi, terlebih dahulu kita harus menggali dalam-dalam tips yang bisa kita pakai untuk memulai berbisnis. Tujuannya, biar usaha kita nanti dapat berjalan dengan baik karena persiapannya yang sudah matang. Berikut adalah tips usaha sarapan pagi diantaranya :

1. Terjun Secara Langsung

Usaha sarapan pagi harus diawali dengan siap terjun langsung. Disini berarti kita harus berhadapan langsung dengan dapur dan segala peralatannya. Mulailah belajar untuk membuat jenis makanan yang cocok disantap saat pagi hari hingga mendapatkan rasa yang pas.

2. Tempat Yang Strategis

Pilihlah tempat usaha yang dapat dijangkau oleh fungsi pasar yang kita target, yakni pekerja dan mahasiswa yang tidak sempat menyiapkan sarapan. Kita dapat memilih lingkungan kampus atau perkantoran. Namun, jika tidak menemukan tempat tersebut, kita juga dapat melakukan sistem berpindah.

3.  Menyediakan Berbagai Jenis Menu

Sediakan menu di usaha sarapan pagi dengan berbagai jenis makanan. Kita bisa terlebih dahulu fokus belajar satu jenis makanan dan perhatikan dengan sangat baik. Masakan yang bisa kita pelajari seperti bubur ayam, nasi kuning ataupun nasi pecel. Jika sudah memahami dengan benar cara membuatnya, pelajari jenis masakan selanjutnya.

4.  Jaga kebersihan

Jika sudah memiliki tempat, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tempat usaha dan makanan yang disajikan. Sampah yang berserekan harus segera dibersihkan.

Selain itu, kita bisa menggunakan tirai penutup supaya makanan tidak terkena debu atau terhinggapi lalat. Kita juga harus menyediakan lap bersih untuk membersihkan meja, piring dan gelas serta kantong plastik besar sebagai tempat sampah sementara.

5. Cita Rasa Masakan

Jika masakan kita sudah mendapatkan rasa yang benar-benar pas, jaga dan pertahankan cita rasa tersebut sehingga bisa menjadi ide bisnis jangka panjang. Pelanggan tidak akan cukup jika hanya sarapan untuk sekedar mengisi perut yang sedang lapar, cita rasa makanan tetap menjadi prioritas.

6. Terus Belajar

Seperti yang sudah kita bahas di awal, untuk memperbanyak jenis makanan, kita harus terus belajar. Dengan banyak menambah wawasan tentang pembuatan masakan seperti strategi bisnis ayam goreng, kita bisa terus berinovasi dengan resep masakan yang sudah ada atau menciptakan resep terbaru.

7. Promosi

Kita juga bisa menambah omset dengan menjualnya secara online. Dengan menggunakan teknologi, usaha sarapan pagi dapat berkembang sangat pesat. pehatikan cara jualan online agar cepat laku atau dengan cara iklan di facebook agar menjadi salah satu bisnis online yang menguntungkan.

8. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Selalu perhatikan kualitas waktu untuk menyelesaikan pesanan makanan sesuai dengan keinginan konsumen. Apabila kita tidak menyiapkannya dengan tepat waktu, kesan konsumen terhadap kita juga jadi tidak baik.

9.  Merekrut karyawan

Segera cari karyawan yang bisa membantu kita menyelesaikan pesanan makanan. Pilih karyawan yang sigap menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Mengenai jumlah karyawan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat penjualan.

10. Kualitas pelayanan

Bersikaplah untuk selalu ramah kepada konsumen. Sebab meskipun usaha ini hanya bisnis kuliner modal kecil, namun kualitas pelayanan yang terbaik dapat meningkatkan kualitas kita di depan pelanggan sehingga mereka terus datang ke tempat usaha sarapan pagi yang sudah kita buat.

Demikian tips usaha bangun pagi, semoga bermanfaat.


 

Posting Komentar

0 Komentar