Jumat, 11 November 2022

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Baju Distro

Tren bekerja di rumah ternyata berkembang pesat dengan berbagai alasan. Mulai dari bekerja secara remote, freelance, membuka usaha, hingga bekerja secara online. Karena itu, banyak orang berusaha mencari ide bisnis rumahan yang menarik sekaligus menguntungkan.

Namun, dengan ketatnya persaingan usaha sekarang ada baiknya membuka usaha yang tidak ada matinya. Salah satunya dunia fashion yaitu distro.

Apa itu distro? Distro merupakan kepanjangan dari Distribution Store, yang membedakan distro dengan toko-toko pakaian lainnya ialah distro lebih identik dengan kaum muda karena pada awalnya kehadiran distro ini bermula dari keinginan berkreatifitas para remaja dalam menentukan fashion style sesuai keinginan mereka masing-masing.

Hal menarik lainnya Distro selalu mengutamakan keunikan pada setiap barang yang diproduksi, sebagai contoh setiap barang yang diproduksi harus memiliki nilai keunikan tersendiri dibanding barang yang lain dan juga diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas (non masal).

Nah, buat kamu yang tertarik memulai usaha ini, kamu harus mengetahui beberapa tips sukses agar bisnis kamu berjalan dengan lancar. Apa saja sih tips suksesnya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Tips Memulai Bisnis Baju Distro

1. Menyiapkan Modal Awal

Tips pertama adalah menyiapkan modal awal. Modal awal paling minim yang perlu kamu keluarkan untuk membangun sebuah distro kecil-kecilan, setidaknya yaitu berkisar antara Rp13-20 juta.

Harga ini dapat bervariasi bergantung dari tempat sablon dan konveksi yang kamu gunakan dalam proses produksi, banyaknya stok barang, harga sewa tempat, serta biaya operasional lainnya.

2. Menentukan Konsep Distro

Tips yang kedua adalah menentukan konsep distro. Pakaian serta aksesoris yang dijual dalam sebuah distro pada dasarnya bisa berasal dari hasil produksi brand milik kamu sendiri atau dari brand pihak lain. Dua konsep ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan.

Jika memilih menjadi distro reseller yang menawarkan pakaian dari brand milik orang lain, maka kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan desain baju serta proses produksinya.

Namun kamu jadi tidak memiliki brand pakaian sendiri dan bergantung dari pasokan pakaian dari brand lain.

Jika kamu memilih konsep distro dengan brand milik kamu sendiri, maka kamu perlu memikirkan dan mempersiapkan tema, desain, serta proses produksi dari baju distro kamu. Namun, kamu pun jadi bisa lebih bebas menuangkan ide dan kreativitas ke dalam desain-desain pakaian sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Menentukan Rencana Tema yang Unik

Tips ketiga adalah menentukan tema yang unik. Hal ini dikarenakan Keunikan dan ciri khas menjadi kunci utama dari bisnis baju distro agar bisa menarik perhatian anak-anak muda yang cenderung menyukai gaya fesyen yang unik.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mula-mula merencanakan tema dari toko dan desain pakaian seperti apa yang ingin kamu usung dalam bisnis baju distro kamu.

4. Melakukan Branding dan Promosi

Tips selanjutnya adalah melakukan branding dan promosi. Buat tampilan semenarik mungkin di media sosial dan e-commerce, serta optimalkan penggunaan berbagai fitur iklan atau ads yang disediakan.

5. Mencari Pemasok Bahan Baku dan Penyedia Jasa Sablon Serta Konveksi

Tips terakhir adalah mencari pemasok bahan baku dan penyedia jasa sablon serta konveksi. Agar baju-baju yang kamu jual di dalam bisnis distro memiliki kualitas yang baik, maka kamu harus cermat dalam memilih bahan baku kaos serta tempat penyedia sablon serta konveksi yang baik dan berkualitas pula.

Beberapa jenis bahan yang umum digunakan dalam bisnis baju distro, yaitu cotton combed, linen, blends, lycra, rayon, dan lain sebagainya.

Setelah memilih bahan baku kaos yang sesuai, kamu juga perlu mencari penyedia jasa sablon dan konveksi untuk mencetak hasil desain kamu hingga menjadi produk yang siap jual. Cobalah mencari rekomendasi dari orang di sekitar kamu atau bisa juga dengan membaca ulasan yang ada di internet dan di media sosial.

Nah sobat blog, itulah beberapa tips memulai bisnis baju distro yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik memulai bisnis ini? Komen di bawah ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Memulai Bisnis Mainan Anak

Mainan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari dunia anak-anak. Secara naluriah, anak-anak sangat suka mainan karena memang secara usia, t...