Sabtu, 04 Juni 2022

Budidaya Ikan Hias di Rumah

Ada yang ingin mendapatkan uang tambahan? Beberapa hal bisa kalian lakukan saat senggang di rumah yang mana cukup menghasilkan dan juga sangat gampang dilakukan. Hal tersebut juga bisa berasal dari hobi kalian.

Misal, para pecinta ikan hias. Beberapa pecinta ikan hias sering membeli lalu memelihara dan meletakkannya di dalam akuarium dengan alasan sebatas kesenangan semata. Ternyata, kalian bisa menciptakan bisnis baru dengan kegiatan yang sama loh.

Kalian bisa membudidaya ikan di rumah dengan jangka panjang yang akan memberikan kalian keuntungan. Untuk kalian yang ingin membangun bisnis budidaya ikan di rumah, kalian bisa mengikuti beberapa persiapan seperti berikut :

1. Siapkan kolam


Kolam merupakan hal yang wajib yang harus kalian punya. Karena, kalian akan sangat kurang wadah jikalau kalian meletakkan ikan di dalam akuarium. Ditambah, ikan yang kalian budidaya pasti dengan jumlah yang cukup banyak.

Maka dari itu, jikalau area pekarangan kalian memiliki lahan kosong yang bisa kalian bangun kolam, kalian harus memanfaatkannya. Kolam tersebut digunakan sebagai tempat para ikan yang akan kalian budidaya.

2. Pilih Pakan Ikan yang Baik 

Disaat kalian ingin membudidaya ikan, pastinya kalian juga harus memberi makan ikan-ikan kalian. Untuk jenis pakan, kalian harus pilih dengan kulitas yang baik agar nutrisi ikan-ikan yang kalian rawat bisa terjaga dan juga terpenuhi.

Jikalau kalian sembarang memilih pakan, takutnya kalian kualitas dari pakan ikan kalian akan mempengaruhi keadaan peliharaan kalian. Dari pada kalian membuang uang lebih untuk perawatan ikan, ada baiknya kalau kalian cari aman saja ya.

3. Pilih Indukan yang Berkualitas 

Jikalau sudah mempunyai kolam dan memilih pakan yang bagus, ada baiknya kalian memilih indukan yang ingin kalian budidaya dengan kulitas yang bagus juga. Tak hanya itu, pilihlah indukan baik jantan dan betina yang siap untuk proses pemijahan.

Ikan hias yang jantan maupun betina harus sudah memiliki alat kelamin yang sudah matang agar telur ikan dapat dibuahi. Hal paling penting saat memilih indukan adalah ikan dalam keadaan sehat baik itu betina atau jantannya.

4. Proses Pembuahan 

Dalam melakukan proses pembuahan, kamu perlu tau tentang merawat ikan. Ada yang dinamakan proses internal dan eksternal.

Proses internal digunakan untuk ikan yang melahirkan dan proses eksternal biasanya di saat ikan yang bertelur. Untuk cara yang internal, mungkin kalian bisa menyuntik hormon atau mungkin kalian hanya menunggu sampai ikan kalian melahirkan bibit-bibit ikan.

Kalau cara eksternal, kalia bisa memisahkan ikan dengan wadah baru disertai dengan media yang dibutuhkan ikan tersebut.

5. Berhati-Hati Saat Telur Menetas 

Disaat indukan sudah selesai bertelur, kalian perlu memisahkan indukan dengan telurnya. Kalian harus perhatikan jenis ikan kalian, karena ada beberapa ikan yang harus berada disamping telurny setelah melahirkan.

Kenapa harus dipisahkan indukan dan juga telur, karena perawan telur sangat harus ekstra hati-hati sampai telur menetas menjadi bibit yang mana akan siap untuk dijual.

6. Perawatan Lava 

Telur yang sudah dirawat dan sudah menetas kana menjadi lava. Disini, proses perawatannya juga sedikit berbeda. Saat calon bibit ikan sudah menetas, beberapa kejadian seperti anakan ikan yang cacat sering terjadi.

Kalian tetap diharuskan berhati-hati dalam merawat, baik itu membersihkan kolam atau wadah untuk anakan, memberikan pakan atau juga vitamin yang harus diberikan agar ikan-ikan dapat tetap sehat sampai ia dapat dijual kembali.

Agak sedikit susah tapi jikalau kalian melaksanakan bisnis budidaya ikan hias, dijamin kalian akan memiliki laba yang cukup banyak.

Nah sekian rangkuman tentang budidaya ikan di rumah, semoga artikel ini membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Apotek di Rumah

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, mungkin bisa mencoba bisnis apotek sebagai salah satu referensi ide usaha. Membuka apotek atau toko ...