Senin, 20 Juni 2022

Tips Berbisnis LPG 3 Kg di Rumah

Tren bekerja di rumah ternyata berkembang pesat dengan berbagai alasan. Mulai dari bekerja secara remote, freelance, membuka usaha atau bekerja secara online. Karena itu banyak orang berusaha mencari ide bisnis rumahan yang menarik sekaligus menguntungkan.

Namun, dengan ketatnya persaingan usaha sekarang ada baiknya mencari produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu ide bisnis rumahan yang tak pernah lekang oleh zaman ialah berjualan LPG atau gas. Tapi, bagaimana cara menjadi agen LPG 3 Kg?

Nah, buat kamu yang ingin menjadi agen LPG 3 Kg, berikut syarat dan cara daftar agen LPG!

Syarat & Cara Daftar Agen LPG

Seperti yang sudah kita ketahui, untuk menjadi agen LPG, maka kamu harus menjalin kemitraan bersama Pertamina. Maka dari, kamu perlu memenuhi syarat dan ketentuan. Hal itu dikarenakan, jumlah agen gas elpiji 3 kg atau LPG PSO dibatasi sesuai kuota dari pemerintah. Selain menyiapkan modal usaha, calon mitra LPG PSO harus berbentuk Badan Usaha (Perseroan Terbatas atau Koperasi).

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar agen LPG ke Pertamina:

-Scan kartu identitas (KTP) calon mitra

-NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan

-Bukti penguasaan lahan

-Bukti rekening koran 1 tahun terakhir untuk dilampirkan

-Akta mendirikan perusahaan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) bagi Badan Hukum

-Bukti saldo rekening atas nama pemilik badan usaha

-Fotokopi bukti kepemilikan usaha sejenis (jika ada)

-Fotokopi bukti kerja sama dengan PT. Pertamina (jika ada). Contohnya: Bukti sebagai Pangkalan LPG NPSO termasuk

-Sumber Agen penyuplai, Agen LPG PSO, SPBE, dsb.

-Selain syarat dokumen, calon mitra harus memenuhi kualifikasi terkait sarana atau fasilitas untuk tempat usaha gas elpiji.

Proses Pendaftaran Menjadi Agen LPG

Jika sudah mempersiapkan rangkaian persyaratan, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti cara daftar menjadi agen gas elpiji 3 kg di bawah ini.

1. Proses Pendaftaran Online

Menurut situs resminya, proses pendaftaran online kemitraan Pertamina terdiri dari beberapa tahapan. Di antaranya:

-Kunjungi link pendaftaran agen gas elpiji 3 kg di https://kemitraan.pertamina.com/, kemudian log in untuk dapat membuka akun.

-Proses pendaftaran & verifikasi

-Proses Input Data: pendaftar mengisi informasi detail mengenai data perusahaan, data pribadi dan lokasi pengajuan kemitraan Pertamina.

-Proses Verifikasi Awal: meliputi seleksi kesiapan finansial dan seleksi kesiapan lahan

-Seleksi Kesiapan Finansial, untuk menilai kemampuan pengelolaan finansial calon mitra dan kesiapan finansial Calon Mitra.

-Seleksi Kesiapan Lahan, untuk menilai apakah lahan yang diajukan layak untuk menjadi mitra Pertamina atau tidak. Calon Mitra tidak diharuskan untuk memiliki lahan terlebih dahulu.

-Proses Verifikasi Lapangan, bertujuan untuk menyamakan data yang telah diinput calon mitra dengan fakta di lapangan.

2. Proses Input Data

-Pemilihan lokasi

-Registrasi

-Aktivasi akun

-Profil pengusaha

-Profil perusahaan

-Tata letak

Jika kamu lolos dari tahap verifikasi data, kamu akan diverifikasi kembali dari sisi lapangan. Jika dinyatakan layak secara keseluruhan, kamu akan mendapat perizinan untuk menjalani kemitraan dengan PT Pertamina.

Keuntungan Bisnis LPG

Mungkin kamu banyak melihat gas elpiji yang dijual di warung, toko, rumah tangga, dan sebagainya. Namun, apakah kamu pernah berfikiran mengapa mereka mau berjualan gas elpiji padahal resiko berjualan seperti itu sangatlah besar. Alasannya tak lain karena bisnis ini sangat praktis dan menjanjikan keuntungan yang besar.

Tanpa perlu direpotkan dengan memikirkan proses pemasarannya. Masih ada keuntungan lain yang didapat dari berjualan gas elpiji.

1. Banyak Dibutuhkan Orang

Menjual gas elpiji terutama ukuran 3 kg akan selalu dibutuhkan dan dicari orang. Terlebih, jika terjadi kelangkaan akibat pasokan yang kurang dari pertamina. Apalagi ketika harga tiba-tiba saja melonjak, keuntungan pun jadi ikut bertambah naik.

Belum lagi gas elpiji 3 kg ini juga dibutuhkan untuk pelaku bisnis kecil atau UKM selain kebutuhan rutin rumah tangga. Seperti pedagang bakso, siomay, dan usaha kecil lainnya. Tingginya kebutuhan ini jelas merupakan peluang bisnis yang wajib kamu manfaatkan.

2. Modal Sesuai Budget

Ketika menjadi agen elpiji atau membuka pangkalan gas memang membutuhkan modal yang relatif besar. Namun tidak demikian dengan menjadi pengecer gas elpiji. Hal itu dikarenakan kamu bisa menyediakan stok dengan jumlah kuota yang terbatas.

Modal untuk memulai bisnis ini pun bisa disesuaikan dengan kantong kamu. Di pasaran, tabung gas elpiji 3 kg beserta isinya dijual sekitar Rp150 ribu sehingga kamu bisa membeli lima tabung terlebih dahulu sebagai modalnya.

3. Harga Stabil

Keunggulan lain dari berjualan gas elpiji ini adalah harganya yang terbilang stabil. Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagimu untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dari selisih harga beli dan harga jual kembali. Bahkan, jika mengalami kelangkaan harganya bisa melambung. Selain itu, kenaikan harga biasanya terjadi pada saat bulan Ramadan.

Itulah seputar syarat dan cara untuk menjadi agen gas elpiji yang wajib diketahui oleh para calon mitra. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Apotek di Rumah

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, mungkin bisa mencoba bisnis apotek sebagai salah satu referensi ide usaha. Membuka apotek atau toko ...