Tips Sukses Memulai Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula

Naiknya harga kebutuhan pokok, menjadikan bisnis rumahan sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan.

Terkadang, pendapatan seorang suami saja tidak cukup untuk membiayai kebutuhan rumah tangga karena semakin mahalnya bahan pokok. Salah satunya bisnis tanaman hias.

Bisnis tanaman hias merupakan salah satu peluang usaha yang dapat kamu pertimbangkan karena cukup menggiurkan, bahkan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Tertarik dengan bisnis ini? Berikut tips sukses untuk menjalankan bisnis tanaman hias yang perlu kamu ketahui!

Tips Bisnis Tanaman Hias

1. Cermat Memilih Jenis Tanaman Hias

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan saat akan memulai bisnis tanaman hias adalah memilih tanaman apa yang akan dijual.

Terdapat banyak pilihan jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan mudah, bahkan untuk kamu yang terhitung masih pemula.

Biasanya, ada dua jenis tanaman hias yang bisa dipilih untuk dibisniskan, yakni jenis tanaman berdaun atau tanaman dengan bunga.

Kedua jenis ini memiliki peluang usaha yang besar dan pastinya sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin bisnis tanaman hias.

Adapun berapa jenis tanaman yang bisa kamu jual nanti, misalnya adalah:

- Bunga Anggrek

- Aglaonema

- Janda Bolong/Monstera

- Lidah Mertua

- Bunga Mawar

- Sirih Gading

- Paku Tanduk Rusa

- Bonsai

- Palem Bambu

- Kaktus

- Bunga Melati

2. Kenali Kebutuhan Tanaman Hias yang Hendak Dijual

Langkah berikutnya, kamu juga perlu mempelajari apa saja yang dibutuhkan dalam perawatan tanaman hias jika hendak melakukan bisnis ini.

Hal tersebut dapat membantu kamu mengontrol proses budidaya tersebut dengan baik, jadi tidak ada tanaman yang malah rusak atau tidak layak untuk dijual.

Semakin banyak yang kamu ketahui tentang kebutuhan proses budidaya tanaman tertentu, akan membuat tanaman semakin bagus dan menarik minat calon pembeli.

Ingat, luasnya wawasan mengenai budidaya tanaman hias adalah faktor paling utama untuk bisnis tanaman hias ini. Jangan pernah berhenti belajar, dan dapatkan pengetahuan lebih dalam tentang tanaman hias dari mana saja.

3. Jangan Lupa Menyiapkan Modal Usaha

Tentunya bisnis yang kamu idam-idamkan tidak akan berjalan tanpa modal yang cukup. Modal awal yang dapat kamu persiapkan untuk bisnis dari hobi ini bisa berkisar Rp3 juta.

Modal ini meliputi tanaman hias yang ingin dibudidayakan termasuk bibitnya dengan kisaran Rp2 juta dan membeli peralatannya sekitar Rp 1 juta.

Namun, modal dapat lebih murah lagi apabila kamu sudah memiliki perlengkapan dan peralatan sebelumnya.

4. Pilih Lokasi Berjualan yang Tepat

Lokasi dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan suatu bisnis. Pastikan jika lokasi atau rumah kamu berada di tempat ramai dan mudah dijangkau oleh calon konsumen.

Tetapi, kamu juga perlu menentukan lokasi yang tidak hanya potensial dan ramai, tetapi juga yang ramah untuk tanaman hias kamu. Jika terpaksa tidak memiliki lokasi seperti kualifikasi itu, kamu bisa pakai yang tersedia dulu.

5. Membuat Strategi Pemasaran yang Unik

Selain membuka toko, pemasaran bisnis tanaman hias juga perlu dilakukan secara online. Dengan memadukan strategi marketing online dan offline yang tepat, maka bisnis yang kamu jalankan akan mencapai kesuksesan lebih cepat.

Cobalah melakukan pemasaran bisnis di komunitas pecinta tanaman hias atau melalui media sosial yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video cara merawat atau menanam tanaman hias untuk pemula. Dalam video tersebut, kamu bisa sambil mempromosikan bisnis tanaman hias yang kamu jalankan.

6. Ikuti Perkembangan Tren Tanaman Hias

Nyatanya tidak hanya bisnis fesyen saja yang harus mengikuti tren, tetapi hampir semua bisnis. Saah satunya bisnis tanaman hias.

Kamu perlu mengetahui apa saja tanaman hias yang sedang populer dikalangan pecinta tanaman saat ini, sehingga kamu dapat memperbanyak jumlahnya.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang populer belakangan ini sehingga cocok untuk bisnis tanaman hias yang kamu baru geluti. Tanaman tersebut antara lain:

- Monstera

- Lidah mertua

- Anthurium

- Palem kuning

- Cycads

- Siklok

- Peperomiaobtusifolia

Demikian beberaapa tips sukses yang dapat kamu lakukan sebelum memulai bisnis tanaman hias. Semoga berhasil.

Posting Komentar

0 Komentar