Sabtu, 10 Desember 2022

Tips Sukses Memulai Bisnis Souvenir untuk Pemula

Hai sahabat blog, seperti yang kita tahu tren bekerja di rumah ternyata berkembang pesat dengan berbagai alasan. Mulai dari bekerja secara remote, freelance, membuka usaha atau bekerja secara online. Karena itu banyak orang berusaha mencari ide bisnis rumahan yang menarik sekaligus menguntungkan.

Salah satu ide usaha bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan, sekaligus bisa menyalurkan hobi membuat pernak-pernik adalah usaha souvenir. Membuat dan menjual souvenir memang memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terutama jika kamu yang memang tinggal di kawasan wisata.

Souvenir juga tidak hanya diidentikkan dengan oleh-oleh saja, melainkan juga dapat menjadi buah tangan saat ada berbagai acara besar. Kebanyakan untuk event-event khusus dan spesial seperti pernikahan, oleh-oleh, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang tertarik memulai usaha ini, kamu harus mengetahui beberapa tips agar usaha kamu berjalan dengan lancar. Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

Tips Memulai Usaha Souvenir

1. Tentukan Jenis Produk

Tips pertama adalah menentukan jenis produk. Karena souvenir sendiri ada segudang jenis mauun tipe, sebaiknya kamu segera menentukan produk yang akan dijual tersebut. Kamu bisa memulai dengan survey kebutuhan dan minat pasar, kemudian mencari supplier yang memiliki produk tersebut dan cocok untuk diajak kerjasama.

2. Membuat Perencanaan Usaha

Tips kedua adalah membuat perencanaan usaha. Berbagai hal bisa kita siapkan sebagai trik sukses memulai bisnis. Beberapa poin yang bisa kita siapkan adalah:

- Penjelasan inti atau garis besar usaha

- Membuat analisa pesaing

- Menghitung budgeting

- Perencanaan operasional dan manajerial

3. Menentukan Lokasi

Salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan dalam sebuah usaha adalah lokasi. Jika memang kamu memiliki biaya yang cukup untuk menyewa lokasi tertentu, sebaiknya pilihlah tempat yang strategis, mudah dilihat dan dijangkau konsumen atau berdekatan dengan bisnis pendukung lainnya. Seperti lokasi rias pengantin, wo atau pusat oleh-oleh.

Akan tetapi, kamu juga bisa memulai usaha ini dari rumah, bahkan memanfaatkan sosial media pun bisa, artinya kita akan berjualan by order atau hanya jika ada pesanan.

4. Tetapkan Harga Jual yang Sesuai

Tips keempat adalah menetapkan harga jual yang sesuai. Bisnis souvenir pernikahan atau oleh-oleh menyangkut jasa dan produksi barang untuk pelanggan. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan harga jual yang sesuai.

Pastikan harga souvenir pernikahan yang kamu pasarkan sesuai dengan modal dan tenaga yang telah dikeluarkan.

Jangan sampai harganya terlalu rendah atau juga terlalu tinggi. Coba lakukan perbandingan dengan bisnis serupa agar kamu memiliki referensi dalam menetapkan harga.

5. Promosikan Bisnis di Berbagai Platform

Tips terakhir adalah melakukan promosi di berbagai platform. Kamu dapat mempromosikan bisnis kamu ke Instagram, Facebook, Twitter, website, hingga berbagai marketplace populer.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memasarkan produk. Jadi, maksimalkanlah penggunaannya untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, dengan membuat akun bisnis dan mengunggah konten promosi di media sosial, memberikan penawaran menarik melalui email, atau menyediakan gratis biaya pengiriman melalui marketplace.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Marketplace dari SIRCLO Store untuk memperluas pasar bisnismu. Dengan fitur ini, kamu bisa terhubung dengan semua e-commerce besar di Indonesia, terintegrasi dengan beberapa e-commerce sekaligus dalam satu dasbor, mengelola pesanan dalam satu tempat, dan menerima laporan penjualan.

Oke sobat blog, itulah beberapa tips memulai bisnis souvenir yang perlu kamu ketahui. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Pakan Ternak, Perhitungan Modal dan Laba

Salah satu syarat sukses dalam membuka usaha adalah jeli melihat peluang. Saat ini bisnis dengan peluang besar adalah usaha pakan ternak. Mo...