Selasa, 10 Januari 2023

Tips Bisnis Gorengan di Rumah, Modal, dan Perkiraan Laba


Makanan gorengan merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua orang menyukai gorengan. Makanan goreng ditemukan dimana-mana.

Selain itu, tidak sedikit ibu rumah tangga yang membuat gorengan sendiri untuk dinikmati di rumah bersama seluruh keluarga. Menjadi makanan yang disukai banyak orang tentu menjadikan gorengan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Selain itu, untuk membuka usahan gorengan juga tidak membutuhkan modal awal yang besar namun, dengan keuntungan yang menjanjikan. Tidak hanya itu, untuk bisa membuat kentang goreng tidak dibutuhkan skill memasak yang tinggi. selain itu, kamu juga bisa membaca biodata RRQ Albert dan manfaat buah arbei.

Jenis Gorengan

Ada beberapa jenis makanan yang bisa jadi bahan gorengan, yaitu sebagai berikut:

Goreng Pisang

Goreng pisang menjadi salah satu dari aneka gorengan yang ada selama ini. Kamu bisa menjadikannya pisang goreng, pisang crispy, pisang molen, pisang nugget dengan topping coklat, keju, oreo, dan lainnya.

Tahu Goreng

Makanan ini selalu ada menjajakannya sebagai gorengan. Kamu bisa membuat aneka gorengan dengan tahu, baik itu tahu isi, tahu crispy, atau tahu pong tanpa isi yang digoreng dengan tepung.

Tempe Goreng

Tempe juga bisa kamu jadikan sebagai makanan untuk bisnis ini. kamu bisa membuat tempe goreng, mendoan. Biasanya, penyajian tempe mendoan bersama-sama dengan kecap. Tapi, kamu bisa inovasikan lagi agar lebih menarik dan berbeda dari lainnya.

Ubi Goreng

Ubi juga bisa kamu jadikan bagian dari aneka gorengan. Kamu bisa jadikan ubu goreng, bola ubi dan menambahkan berbagai rasa juga menarik untuk dijual.

Batagor

Makanan dari adonan ikan tepung ini bisa kamu inovasikan dan menyajikannya dengan makanan lain, seperti kentang dan siomay.

Bakwan

Kamu bisa jadikan bakwan goreng untuk memulai bisnis kamu. Dengan berbagai inovasi, kamu bisa menambahkan sayuran atau jagung.

Modal Bisnis Gorengan

Setelah mengetahui berbagai jenis makanan yang bisa dijadikan bisnis adalah berapa modal untuk memulainya. Adapun modal untuk bisnis ini tidak terlalu besar. Minimal, untuk memulainya Rp4  juta. Uang tersebut untuk membeli atau membuat gerobak, peralatan masak, tabung gas, dan kompor. Jika di detailkan:

  • Gerobak Rp2 Juta
  • Peralatan masak Rp500 Ribu
  • Tabung gas dan kompor Rp500 Ribu
  • Tepung, bumbu, minyak, dan sebagainya untuk jualan sebulan Rp1 Juta.

Dengan menghitung biaya estimasi tersebut, kamu bisa mempersiapkan modal awal untuk membuka bisnis gorengan. Pengeluaran itu belum termasuk untuk biaya listrik dan lampu untuk menerangi gerobak.

Adapun keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup menjanjikan. Sebab, makanan ini masih menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat. Pada musim dan bulan tertentu, omzet bisnis ini bisa meningkat, apalagi saat bulan puasa.

Misal estimasi harga satu produk seharga Rp2 ribu, terjual sebanyak 300 buah per hari. Dalam satu bulan atau 30 hari, kamu akan mendapatkan omzet Rp18 juta. Itu baru omzet, belum ada pengurangan biaya operasional setiap bulannya.

Apabila pengeluaran tiap bulan mencapai 10 juta, artinya kamu memiliki keuntungan bersih 8 juta rupiah tiap bulan.

Nah, itulah dia beberapa tips jualan gorengan yang dapat kamu coba, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Pakan Ternak, Perhitungan Modal dan Laba

Salah satu syarat sukses dalam membuka usaha adalah jeli melihat peluang. Saat ini bisnis dengan peluang besar adalah usaha pakan ternak. Mo...