Senin, 10 Oktober 2022

Tips Jitu Menjadi Seorang Freelance Writer

Bagaimana sih cara menjadi freelance writer? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di pikiran kamu khususnya yang mempunyai hobi menulis.

Setiap orang tentu ingin mendapatkan bayaran dari hobi mereka, termasuk menulis. Apalagi di zaman sekarang menulis dapat dijadikan sebagai lahan uang dengan menjadi seorang freelance writer.

Namun di sisi lain, masih banyak orang yang bingung bagaimana caranya mewujudkan hal tersebut. Iya, enggak? Eits…Jangan khawatir, kami akan membantu kamu memecahkan pertanyaan-pertanyaan kamu itu. Tunggu apalagi? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Mulai ikut kursus online

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjadi freelance writer adalah dengan mengikuti kursus online mengenai kepenulisan.

Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak kursus online yang menyajikan ilmu-ilmu mengenai kepenulisan, entah cara menulis artikel, menjadi content writer, dan sebagainya.

Nah, kamu dapat mengikuti kursus online yang berkaitan dengan hal tersebut. Tenang saja, biasanya harganya sangat terjangkau. Dari situ, otomatis akan ada banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan dan membuka wawasanmu mengenai profesi yang satu ini.

2. Menulis di blog

Saat ini sudah banyak tersedia platform untuk menulis, seperti Blogspot, Medium, WordPress, dan lain sebagainya. Mulailah menulis di salah satu platfom blog tersebut agar sekaligus mengasah kemampuan menulismu.

Selain itu, menurut College Info Geek, salah satu hal penting untuk menjadi freelance writer adalah dengan membuat portofolio. Dari tulisanmu di blog tersebut, kamu dapat menjadikannya sebagai portofolio tulisan.

Ketika ingin melamar menjadi freelance writer di sebuah perusahaan atau klien tertentu, kamu hanya perlu menunjukkan portofolio tulisan yang telah kamu buat. Bahkan, ada kemungkinan agensi atau perusahaan yang tertarik dengan tulisanmu di blog, sehingga mengundangmu untuk menjadi seorang freelance writer.

3. Membaca dengan konsisten

Cara ketiga untuk menjadi freelance writer adalah dengan membaca. Ingat, seorang penulis yang mahir terlahir dari orang-orang yang suka membaca. Oleh karena itu, tetaplah konsisten dalam membaca. Entah itu membaca buku fiksi atau nonfiksi, artikel di internet, koran, dan lain-lain.

Dari membaca, kamu akan mendapatkan kosakata baru untuk ditulis sehingga tulisanmu akan lebih bervariasi dari sebelumnya.

4. Manfaatkan situs freelance

Setelah membuat cukup banyak tulisan di blog serta mengasah tulisan, cara selanjutnya menjadi freelance writer adalah memanfaatkan beberapa situs freelance yang tersedia. Di sana, kamu dapat memasang profil, portofolio, beserta harga yang kamu tawarkan.

Jika beruntung, kamu akan dihubungi oleh orang yang tertarik terhadap portofoliomu dan diundang untuk menjalankan sebuah proyek.

5. Mengasah skill menulis

Sambil menunggu pekerjaan dari pihak lain, tidak ada salahnya jika kamu tetap mengasah skill menulis. Pasalnya, menjadi seorang freelance writer dibutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi. Tidak ada yang instan sehingga kamu harus menjalani setiap prosesnya.

Demi membuat tulisanmu lebih baik, kamu dapat sambil mengikuti lagi kursus online yang tersedia dan terapkan ilmu yang sudah kamu dapatkan dengan menulis di blog. Kemampuan menulis memang harus diasah secara terus-menerus supaya melekat di dalam dirimu ya bestie.

Nah sobat blog, itulah beberapa cara menjadi seorang freelance writer. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Memulai Bisnis Mainan Anak

Mainan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari dunia anak-anak. Secara naluriah, anak-anak sangat suka mainan karena memang secara usia, t...