Tips Sukses Memulai Usaha Martabak

Martabak manis maupun martabak telur memang menjadi penganan favorit orang Indonesia. Lihat saja banyaknya pengusaha martabak yang selalu ada di setiap sudut kota-kota di Indonesia. Tidak hanya saja nikmat dengan rasa yang disukai lidah orang Indonesia, memulai usaha martabak juga bisa memberi peluang yang menguntungkan bagi Kamu, loh.

Bagaimana, berniat memulai bisnis ini? Jika iya, kamu harus mengetahui beberapa tips berikut agar usaha kamu berjalan dengan lancar. Tunggu apalagi? Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

1. Pertimbangkan lokasi usaha

Lokasi usaha yang paling strategis untuk memulai usaha martabak ini adalah memastikan lokasi gerobak kamu berada di tempat yang sering dikunjungi atau dilewati orang, serta mudah ditemukan.

Jika dilihat lagi, memang banyak pedagang martabak lainnya yang juga menjajakan martabaknya di lokasi seperti ini, salah satunya di depan minimarket yang biasanya terletak di pinggir jalan yang ramai dilewati orang pula.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan lingkungan dimana usaha martabak kamu ini berlokasi. Lingkungan seperti area kampus, perkantoran, atau tidak jauh dari daerah wisata akan sangat menguntungkan bagi usaha kamu, karena selalu diramaikan oleh orang-orang yang hilir mudik di area tersebut.

2. Hitung estimasi modal awal

Setelah mendapatkan lokasi usaha martabak yang sesuai dan strategis serta mudah ditemukan, berikutnya yang harus dilakukan adalah menghitung perkiraan modal awal untuk memulai usaha ini. Untuk menghitung estimasi modal awal ini banyak hal harus disertakan dalam perhitungan.

Termasuk aset-aset yang akan digunakan dalam jangka waktu lama, hingga bahan-bahan baku membuat martabak yang akan disediakan setiap periode waktu tertentu.

3. Perkirakan keuntungan usaha

Setelah mengetahui besaran modal yang perlu disiapkan serta biaya yang akan dikeluarkan secara rutin setiap bulannya, kamu juga perlu memperkirakan profit atau estimasi keuntungan dari usaha martabak ini.

Memperkirakan profit akan membantu kamu untuk menetapkan target penjualan yang harus dicapai setiap harinya agar mendapatkan pemasukan lebih dari cukup untuk melakukan operasional penjualan selanjutnya.

Selain itu kamu juga dapat dengan mudah memperkirakan jangka waktu yang dibutuhkan usaha martabak ini untuk balik modal, dari estimasi angka keuntungan tersebut.

4. Manfaatkan teknologi

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan teknologi saat hendak memulai usaha martabak ini. Hidup di era digital berarti kamu sebagai pengusaha juga harus bisa menyesuaikan dengan kondisi ini. Salah satu teknologi yang dapat membantu usaha kamu adalah GoBiz dari Gojek.

Perangkat kasir dengan teknologi canggih ini juga terintegrasi dengan layanan pesan antar dari Gojek, yakni GoFood. Rekam catatan seputar pembayaran, promosi juga diskon pada usaha martabak, hingga laporan penjualan harian dapat kamu akses dengan aplikasi GoBiz. Menghemat waktu, serta mempermudah kamu untuk menjalankan usaha tanpa takut salah dalam menghitung angka-angka penjualan.

Dengan keempat tips di atas yang dapat kamu coba, semoga usaha martabak kamu jadi lebih optimal. Jika kamu memiliki kenalan yang atau teman yang punya pengalaman berjualan martabak, jangan ragu juga untuk bertanya untuk mendapat cerita pengalaman yang lebih lengkap. Persiapkan diri kamu juga jika kamu tidak memiliki pengalaman memasak martabak jika nantinya kamu sendiri yang akan memasak.

Selain itu kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan pegawai yang berpengalaman sama atau paling tidak mampu memasak dengan baik. Tinggal kemudian dilatih lebih untuk memasak martabak manis dan martabak telur.

Nah sobat blog, itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis martabak. Semoga berhasil.

Posting Komentar

0 Komentar