Kamis, 06 Oktober 2022

Tips Sukses Memulai Usaha Kue Basah Rumahan

Warga Indonesia memang terkenal dengan beragam jenis makanan khasnya. Saking banyaknya jenis makanan di Indonesia, setiap daerah pasti memiliki makanan unik dengan nama dan ciri khasnya masing-masing.

Makanan-makanan khas daerah inilah yang kebanyakan diincar oleh para turis baik dari mancanegara maupun domestik lainnya. Tak heran jika wisata kuliner cukup laris dicoba para turis.

Berbicara mengenai makanan khas, kue-kue basah juga menjadi salah satu makanan yang sering diincar banyak orang. Penggemar kue basah ini juga sangat banyak, selain karena dapat dijadikan menu camilan, sarapan, kue basah juga sering dijadikan snack hidangan tamu-tamu undangan.

Hal ini pun membuat kue basah menjadi salah satu prospek yang cukup tinggi untuk dijadikan sebagai usaha. Berminat memulai usaha kue basah? Berikut beberapa tips sukses menjalankan bisnis kue basah yang perlu kamu ketahui!

1. Menentukan Target Pasar

Saat berencana membuka sebuah bisnis, maka kamu perlu menentukan siapa yang menjadi target pasar dari bisnis yang akan kamu bangun.

Dengan menentukan target pasar dari bisnis kamu, maka kamu akan tahu bagaimana harus mengelola, memasak, mengemas, hingga memasarkan kue basah produk dari bisnismu itu.

2. Sistem Pemasaran

Langkah berikutnya setelah target pasar sudah ditentukan yaitu memilih sistem pemasaran yang seperti apa.

Teknik pemasaran menjadi inti dari persaingan bisnis dalam sektor apapun. Sehingga kamu perlu berbenah pada sistem pemasaran agar produk kue-kue basah yang akan kamu tawarkan tidak tergilas oleh kompetitor lainnya.

Beberapa sistem pemasaran yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis kue basah kamu yaitu bisa dengan memanfaatkan kolega kantor, kantin di tempat kamu bekerja, atau toko-toko bakery di sekitar tempat tinggal dan kantor kamu. Jangan lupa juga untuk tetap memanfaatkan sosial media.

3. Memahami Segala Hal Tentang Kue Basah

Kue basah berbeda dengan jajanan kue-kue kering lainnya. Selain karena kue basah memiliki ketahanan yang cukup singkat, kue basah juga memiliki ragam jenis dan cara memasak yang berbeda-beda.

Jika salah bahan atau cara saja, maka kue basah yang kamu hasilkan akan memiliki hasil rasa yang berbeda dari rasa aslinya.

4. Mempelajari Cara Membuat Kue Basah

Saat kamu sudah membulatkan tekad untuk membangun bisnis kue basah, maka kamu seharusnya sudah mempersiapkan diri untuk bisa memproduksinya sendiri bukan hanya menjadi reseller saja.

Dengan memproduksi kue basah sendiri, maka kamu akan mendapat kepercayaan yang lebih dari konsumen dan juga keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya menjadi reseller saja.

5. Menciptakan Formula Rasa Sendiri

Untuk menciptakan formula yang hebat dan rasa yang lezat dari kue basah yang akan dijual, memang memerlukan waktu yang lebih lama dengan eksperimen yang berulang kali. Namun, jika kamu sudah menemukan formula yang tepat, maka dijamin kue apapun yang akan kamu jual akan laris meski kamu mematok harga yang lebih mahal dari pasaran.

Hal itu dikarenakan kebanyakan orang rela membeli kue dengan rasa yang lezat meskipun harganya lebih mahal.

Nah sobat blog, itulah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan saat akan membuka bisnis kue-kue basah. Tips di atas tidak akan pernah berhasil kalau kamu hanya membacanya saja. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Memulai Bisnis Mainan Anak

Mainan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari dunia anak-anak. Secara naluriah, anak-anak sangat suka mainan karena memang secara usia, t...