Jumat, 24 Juni 2022

Jangan Sampai Salah, Berikut Tips Memulai Bisnis Salon Rumahan

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh para wanita adalah penampilan. Tak heran jika banyak wanita yang rela merogoh kocek yang tidak sedikit jumlahnya dan waktu berjam-jam di salon kecantikan untuk mempercantik diri.

Buat kamu yang sedang menjadi ide bisnis, salon kecantikan adalah jawabannya. Bisnis ini memiliki peluang yang sangat besar dan dapat dikatakan sangat menjanjikan sampai kapanpun.

Akan tetapi, peluang yang cukup besar tidak serta merta membuat kamu sembarangan memulai bisnis kecantikan. Tidak hanya soal keterampilan, perencanaan yang matang dan biaya yang cukup besar juga menjadi pertimbangan saat kamu memutuskan untuk memulai bisnis ini.

Bila kamu memiliki kemampuan dan tertarik menekuni bidang ini, tak ada salahnya untuk terjun di dunia bisnis yang satu ini. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk memulai bisnis salon kecantikan:

1. Tentukan jenis layanan dan keahlian

Salon kecantikan adalah salah satu bisnis yang memiliki peluang yang cukup besar. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan terlebih dahulu layanan apa saja yang nantinya bisa kamu berikan agar dapat memberikan layanan terbaik. Pastikan hanya keahlian yang benar-benar kamu kuasai saja yang nantinya akan kamu tawarkan kepada pelanggan.

Untuk memulainya, kamu tidak perlu menyediakan layanan perawatan kecantikan yang rumit seperti rias pengantin, atau perawatan wajah. Jika kamu hanya memiliki kemampuan di bidang potong rambut dan creambath, itu sudah bisa menjadi modal awal untuk membuka usaha.

Seiring berjalanya waktu, kamu bisa mulai menambah layanan lain seperti rebonding, semir rambut, masker muka hingga layanan rumit lainya, dengan mengambil kursus atau mempekerjakan karyawan dengan keahlian tersebut.

2. Pilih lokasi usaha salon rumahan yang mainstream

Jika ingin membuka bisnis salon rumahan, kamu tidak perlu lagi mencari dan menyewa sebuah tempat. Kamu dapat menyulap teras rumah, garasi atau ruang tamu kamu menjadi ruang praktik usaha salonmu.

Namun demikian, kamu harus pastikan terlebih dahulu jika di sekitar rumahmu belum ada yang membuka salon, sehingga kamu tidak memiliki pesaing di daerah tersebut.

Alternatifnya, kamu bisa mencari saudara atau teman akrab yang mau menyewakan atau bekerja sama bagi hasil dan menyediakan ruang kosong di rumahnya yang lebih strategis.

3. Perkirakan modal dengan rinci

Untuk memulai usaha salon rumahan dengan modal minim, kamu perlu untuk menghitung modal awal serta persentase dana untuk keperluan peralatan di kemudian hari. Jika tidak ingin terlilit hutang, andalkan modal yang  kamu miliki saat ini. Tidak perlu meminjam, cerdiklah memanfaatkan sekelilingmu.

Jika terpaksa harus membeli, belilah peralatan dari toko yang sedang melakukan promo atau diskon. Semua cara dapat dilakukan asalkan kamu dapat menekan modal awal usaha.

4. Buat komitmen untuk diri Anda sendiri

Meski usaha awal kmau hanyalah sebatas potong rambut, berkomitmenlah untuk memulai usaha dengan serius. Terkadang, upaya menuju sukses membutuhkan waktu yang lama serta kesabaran ekstra.

Komitmen kuat untuk bertahan dan memberikan layanan semaksimal mungkin merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha.

5. Berikan pelayanan premium setiap saat

Kecepatan dan keramahan adalah salah satu pelayanan yang akan membuat pelanggan kamu merasa puas. Kamu dapat menggunakan keduanya sebagai modal usaha agar usaha kamu disukai oleh banyak orang. Kebanyakan orang akan datang kembali ke salonmu jika kamu memberikan pelayanan yang ramah.

6. Ikuti tren usaha salon rumahan kekinian

Salon merupakan salah satu sarana untuk tampil lebih cantik, lebih rapi dan lebih kekinian. Karena itu, kamu perlu memperhatikan tren potongan rambut yang sedang happening.

Model rambut anak-anak, remaja, dewasa, harus dipahami betul demi kebutuhan pasar. Setelah yakin dan mantap akan kemampuan kamu, jangan tunda tunda lagi. Segerakan menyiapkan segala keperluan yang kamu butuhkan.

Udah siap untuk memulai bisnis ini? Semangat mencoba dan semoga sukses ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Apotek di Rumah

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, mungkin bisa mencoba bisnis apotek sebagai salah satu referensi ide usaha. Membuka apotek atau toko ...